"BERGABUNGLAH BERSAMA KAMI " Mari Kita Berbagi INFORMASI tentang Keluarga, Tausiyah, Agama, Tips, Kesehatan, Ilmiah, Politik, Kajian, Artikel.

Jumat, 09 Juli 2010

Proposal Skripsi I

A.Latar Belakang Masalah
Peristiwa Isra Mi’raj yang terjadi pada Rasulullah ternyata membawa dampak yang positif bagi keberlangsungan hidup manusia. Salah satu hasilnya yaitu perintah untuk melaksanakan shalat 5 waktu.
Di era globalisasi yang maju saat ini ternyata membuat manusia lupa akan segalanya, dan berdampak pada krisis akhlak yang menimpa kalangan anak diusia sekolah. Krisis akhlak yang menimpa anak-anak sebenarnya berasal dari kurangnya bimbingan aqidah dan shalatnya. Karena shalat dapat menjauhkan manusia dari perbuatan keji dan munkar, seperti yang terdapat dalam Firman Allah :

“ Sesungguhnya shalat itu mencegah dari ( perbuatan ) keji dan munkar “ ( QS. Al-‘Ankabut : 45 )
Selama ini telah terbukti melalui beberapa kajian dan riset bahwa melakukan shalat dengan baik sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah hasilnya akan berdampak positif dalam kehidupan sehari-hari.
Ibadah shalat dapat memotivasi manusia untuk selalu memperbaikinya sehingga ia benar-benar menjadi solusi setiap persoalan hidup menusia sebagaimana seharusnya, sebelum manusia mencari solusi masalah yang lain
Dengan masalah tersebut penulis ingin mengembangkan suatu sistem yang tentunya menarik dan berguna sebagai pedoman dan motivasi orangtua serta para pendidik dalam menumbuhkan semangat mendirikan shalat 5 waktu kepada anak-anak atau peserta didik. Adapun judul yang diangkat adalah “ Peranan Guru Agama Islam dalam Memotivasi Siswa Mendirikan Shalat 5 Waktu di SD Islam Cendrawasih Jaya “

B.Perumusan Masalah
Pokok masalah yang hendak dibahas dalam penelitian ini adalah ialah :
1.Bagaimana menanamkan motivasi shalat 5 waktu di SD Islam Cendrawasih Jaya.
2.Bagaimana menerapkan pelaksanaan shalat 5 waktu secara disiplin.
3.Bagaimana peranan shalat 5 waktu terhadap perilaku peserta didik.

C. Batasan Masalah
1.Pola komunikasi dengan wali murid
2.Pemberlakuan tata tertib sekolah
3.Penanaman nilai Aqidah Akhlak
4.Media pendukung yang menunjang
5.Adanya mutabaah harian

D. Ruang Lingkup
Penulisan dan penelitian skripsi dilaksanakan pada :
Waktu : Maret 2010 – Agustus 2010
Tempat : SD Islam Cendrawasih Jaya

E.Tujuan Penelitian
Tujuan penulisan skripsi ini adalah :
1.Memberikan motivasi kepada siswa mendirikan shalat secara disiplin.
2.Meningkatkan kesadaran kepada siswa akan pentingnya mendirikan shalat.

Manfaat yang didapat dalam melakukan skripsi ini adalah :
Bagi Penulis :
1.Menerapkan ilmu-ilmu yang diperoleh selama kuliah.
2.Mengetahui cara memberi motivasi kepada siswa mendirikan shalat 5 waktu.
3.Mengetahui manfaat shalat secara disiplin.
4.Mengetahui peranan shalat dalam kehidupan sehari-hari.
5.Menerapkan sikap disiplin dalam segala hal.
6.Untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan Strata Satu ( S I ) Program Study

Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam “ Al-Aqidah “ Jakarta.
Bagi Institusi :
1. Mengetahui kemampuan Mahasiswa dalam menguasai materi yang diperoleh di bangku kuliah.
2. Mengetahui kemampuan Mahasiswa dalam menerapkan ilmunya sebagai bahan evaluasi .
3. Memberikan gambaran tentang kesiapan Mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.

F. Metodologi Penelitian
a) Metode Penelitian
Dalam penelitian skripsi ini penulis akan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Menurut Sumadi S. ( 1983:19 ) mengemukakan penelitian deskriptif adalah penelitian yang bermaksud untuk membuat pencandraan mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian, dengan kata lain untuk membuat pencandraan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu .

b)Instrumen Penelitian
Mengenai prosedur dan alat pengumpulkan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Teknik Observasi
Sehubungan dengan ini Winarni Surakhmad menjelaskan sebagai berikut :
Observasi memungkinkan penyelidik mengamati arti dekat gejala penyelidikan, semata-mata atau dapat pula melibatkan diri di dalam situasi yang diselidikinya, atau apapun secara aktif berpartisipasi yang sering dilakukan di dalam penyelidikan psikologik, sosiologik dan antropologik .

2. Teknik Wawancara
Proses wawancara dilakukan dengan mengadakan pendekatan dengan beberapa guru untuk menjelaskan maksud dan tujuan penelitian. Pelaksanaan wawancara dilakukan di luar jam pelajaran agar tidak mengganggu kegiatan pembelajaran.

3. Studi Angket
Dengan teknik ini memusatkan pengumpulan data melalui komunikasi tidak langsung melalui pernyataan yang diberikan kepada guru selaku sampel penelitian.

4. Studi Literatur
Teknik ini digunakan untuk memperoleh data yang bersifat teoritis yang diperoleh dari berbagai pendapat para ahli dan teorinya dari sumber belajar.

5.Studi Dokumentasi
Studi ini dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi dengan mempelajari dokumen yang ada di SD Islam Cendrawasih Jaya.

c)Sumber Data
Data-data yang diperoleh peneliti untuk bahan penelitian berasal dari :
- Kepala Sekolah
- Guru mata pelajaran aqidah akhlaq
- Dewan guru


G. Sistematika Penulisan
Dalam penelitian ini pembahasan terbagi dalam lima bab yang secara singkat akan diuraikan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan dibahas mengenai latar belakang penulisan skripsi, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metodologi penulisan dan sistematikan penulisan yang merupakan gambaran menyeluruh dari penulisan skripsi ini.

BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini akan dibahas mengenai berbagai teori yang mendasari analisis permasalahan dan berhubungan dengan topic yang dibahas.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini membahas mengenai paparan yang diperoleh melalui studi lapangan berdasarkan data-data yang diperoleh.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
Bab ini menguraikan tentang analisa yang berfungsi untuk menjawab permasalahan yang terjadi di SD Islam Cendrawasih Jaya dalam upaya meningkatkan kualitas shalat 5 waktu.

BAB V PENUTUP
Bab ini menguraikan tentang kesimpulan dari hasil penelitia yang didapat dan juga saran yang dapat digunakan untuk mengembangkan akhlak yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang.


TIME SCHEDULE
Penulis memiliki target dalam penyelesaian skripsi ini adalah 5 bulan terhitung dari pembuatan proposal ini.
Berikut ini adalah jadwal waktu penelitian dan pembuatan skripsi


1 Survei Lapangan

2 Penyusunan Proposal

3 Seminar Proposal

4Pengumpulan Data

5Analisis Data

6Penyusunan Skripsi



DAFTAR PUSTAKA

Hadi Sultan ( 2010 ) Sebelum Jauh-Jauh Mencari Solusi Perbaiki shalat Kita. Jakarta: PT. Media Amal Tarbawi.

S.Sumadi ( 1993 ) Psikologi Pendidikan. Jakarta : CV. Rajawali.

Ibid, Tahun 1998

Al-Qur’an Terjemah ( Syamil Qur’an )

Tidak ada komentar: